Sabtu, 31 Juli 2010

Rahasia Bisnis Nabi Muhammad SAW

Nih Ane Kasih wawasan baru, Setelah Membaca-baca Buku dapat ide untuk menulis Artikel Ini. Bertujuan untuk mengembalikan Akhlak Berbisnis di Indonesia yang sedang Sakit di Zaman ini. Dari ulah Kaum Kapitalisme Barat sehingga kita lupa akan Tuhan :sip:

Ini adalah Kisah RasulAllah Muhammad SAW yang selama masa Hidupnya pernah mengalami masa kejayaan dan beliau adalah Seorang pebisnis Sukses. Beliau menjalani hidup sebagai pebisnis sukses selama 28 Tahun, mulai dari usia 12 tahun hingga 40 tahun. Dan selebihnya adalah masa keRasulan sebagai suri tauladan kita semua sebagai umat Muslim.

Apa saja Nilai warisan yang bisa kita Tiru dari Rasul yang bisa kita ikuti sebagai pengikutnya, Khususnya untuk seorang Hambanya yang menjadi Pengusaha sebagai Orang yang mencari Nafkah. :sip:

Semasa Mudanya RasulAllah ini Sudah berkenalan dengan Bisnis dari Usia Dini, Dimulai dari menggembala Kambing. Lalu Bisnisnya ke-Level yang lebih tinggi, Pada waktu itu Beliau masih berusia 12 Tahun dan Beliau di Ajak oleh pamannyaAbu Thalib untuk berdagang di Negeri Syam. Disitulah Awalannya Nabi Muhammad SAW mengenal Bisnis secara serius, dan Menjadi Enterprenur Sejati. Hingga beliau mendapat reputasi yang sangat baik bagi penduduk Negri tersebut. Reputasi-reputasinya adalah sebagai Orang yang Terpercaya (Al-Amin) di dalam Perdagangannya maupun di Kehidupan sehariannya. Pada usia 17 Tahun Nabi Muhammad SAW sudah di beri mandat penuh oleh pamannya untuk Berdagang dari dagangannya. Hingga usia 20 tahun beliau sudah hampir menguasai Pusat Bisnis Global di Jamannya. Kalo sekarang ( Irak, Yordania, Bahrain, Suriah, dan Yaman).

Mau, tau Rahasia-rahasia Bisnis Nabi Muhammad SAW yang Hebat Itu. Hingga sekarang Masih di Gunakan dengan Prinsip-prinsip Bisnis Modern di Dunia saat ini. Dan juga mengajarkan kita sebagai Umat Muslim untuk menjadi seorang Enterprenur Sejati dan Berakhlak Sebagai Makhluk Allah SWT. Dan menjauhkan Bisnis Kita hanya dari Keuntungan Semata (KAPITALISME).…

Ini Adalah Rahasia-rahasia berbisnis Ala Nabi Muhammad SAW :

Cara Berpikir dan BerEtika di dalam Bisnisnya

1. Jujur di dalam Bisnisnya, Kejuran adalah syarat fundamental dalam berbisnis yang di lakukkan oleh RasullAllah Muhammad SAW. Beliau pernah melarang para pedagang untuk meletakkan barang Busuk/jelek di dalam dagangannya. dan beliau selalu memberikan barang sesuai dengan seadannya dan terbaik bagi Konsumennya.
2. Berprinsip pada nilai Illahi, Bisnis yang di lakukkan tidak terlepas dari pengawasan Tuhan. Dan menyadarkan manusia sebagai makluk Illahiyah (berTuhan).
3. Prinsip kebebasan Individu yang bertanggung Jawab, Bukan bisnis hasil dari Paksaan atau Riba. Yang menjerat kebebasan Individu.
4. Bertanggung Jawab, Bertanggung Jawab moral kepada Tuhan atas perilaku Bisnisnya maupun Orang lain/Partner Bisnisnya maupun Konsumennya.
5. Keadilan dan Keseimbangan, Keadilan dan keseimbangan sosial, bukan hanya keuntungan semata tetapi Kemitraan/bantu membantu di dalam bisnisnya (Win-Win-Solution)
6. Tidak hanya mengejar keuntungan, dan berorientasi untuk menolong orang lain, Atau WIN Win Solution.
7. Berniat baik di Bisnisnya, berniat baik adalah Aset Paling berharga oleh pelaku Bisnis selain untuk menjadi terbaik tapi bermanfaat bagi orang lain.
8. Berani mewujudkan Mimpi, RasullAllah dari seorang penggembala Kambing, berniat untuk mengubah hidupnya menjadi lebih baik lagi, menjadi pedagang, lalu Manager hingga beliau mewujudkan cita-citanya menjadi Owner (Pemilik perusahaan) dengan menikahi Siti Khadijah. Beliau adalah Enterprenur Cerdas.
9. Branding/Menjaga nama baik, RasullAllah selalu menggunakan cara ini sebagai Modal Utama, Track Record sebagai orang Terpercaya (Al Amin), Justru paling di cari dan siapapun ingin bekerja sama dengannya. Sifat inilah yang Sekarang Langka di Jaman ini,Tirulah… :sip:

Cara Merintis Bisnis

1. Fokus dan Konsentrasi, RasulAllah selalu Fokus terhadap bisnis yang beliau tekuni, Tidak mengerjakan bisnis yang satu ke satunya lagi sebelum beliau menyelesaikannya…
2. Mempunyai Goal dan rencana yang jelas
3. Merintis Bisnis Dari NOL, kesuksesan beliau tidak datang dalam satu malam walaupun seorang RasullAllah, tetapi harus dimulai dari langkah-langkah kecil. Dari seorang Karyawan/Salles hingga jadi Owner. Dan semua tanpa ada praktek KKN.
4. Tidak Mudah Putus Asa, beliau Berkata : Janganlah kamu berdua putus asa dari rizky selama kepalamu masih bergerak. Karena manusia dilahirkan ibunya dalam keadaan merahtidak mempunyai baju, Kemudian Allah SWT memberikan rizky kepadanya (HR.Ahmad, Ibnu Majah, Ibnu Hibban dalam kitab Shahihnya)
5. Berusaha Menjadi Trend Center
6. Inovatif, Semua barang yang di Jual Rasul selalu berbeda dari kompetitornya, dengan harga murah tetapi Hight Quality.
7. Memahami kondisi dan analisa Pasar
8. Kemampuan merespon strategi Pesaingnya
9. Belajar menguasai pasar, Dikisahkan Ketika beliau di Mekkah para pedagang dari kaum Quraisy yang ingin menjatuhkan Bisnisnya, dengan menjatuhkan Harga dengan tidak Wajar. Tetapi beliau menerapkan Hukum Suply&Demand, beliau menyiasati dan bersabar. Hingga semua dagangan para Kompetitornya habis semua. Rasul baru Menjual Dagangannya karena Rasul Percaya kalau jumlah Permintaan (Demand) jauh lebih tinggi dari jumlah Penawaran (Supply) di Kota itu. Tak lama kemudian Rakyat Kota tersebut membeli Barang Dagangan Rasul dengan Harga Normal, ketika rombongan Pedagang itu pulang Mekkah gempar. Semua pedagang Rugi akibat banting harga kecuali Nabi Muhammad SAW yang untung besar. Itulah kejelian melihat, menganalisis, dan memahami Pasar. Hingga menguasai Pasar yang ada. :)
10. Mampu Memanagement Organisasi secara Efektif
11. Bisa menghilangkan Mental Blocking, Atau juga yang di sebut dengan Ketakutan yang Berlebihan dalam menghadapi kegagalan usaha. Rasul selalu bisa mengalahkan diri sendiri dari hal-hal Negatif (mujahadah).
12. Mampu menarik dan meyakinkan pemilik Modal untuk ikut serta dalam bisnis yang dilaksanakannya

Cara Menjalankan Bisnisnya

1. Bekerja Sama (bersinergi), Beliau bersabda “Keberkahan sesungguhnya berada dalam Jamaah. Dan, tangan Allah sesungguhnya bersama Jamaah”
2. Kerja Pintar, Kreatif dan Visioner
3. Menerapkan kesepakatan Win-Win-Solution (Saling menguntungkan, dan tidak ada yang dirugikan)
4. Bekerja dengan Prioritas
5. Tidak melakukan Monopoli
6. Selalu berusaha dan Tawakal
7. Tepat Waktu
8. Berani ambil Resiko
9. Tidak menimbun barang dagangan (ihtikar), Rasul melarang Keras pelaku Bisnis dan menyimpan barang pada massa tertentu, hanya untuk keuntungan semata. Rasul bersabda bahwa pedagang yang mau menjual barang dagangannya dengan spontan akan di beri kemudahan. Tapi penjual yang sering menimbun dagangannya akan mendapat kesusahan (Dalam HR Ibnu Majah dan Thusiy).
10. Profesional di Bisnis yang Di kelolannya
11. Selalu Bersyukur di Segala Kondisi
12. Berusaha dengan Mandiri, Tekun dan Tawakal
13. Menjaga nilai-nilai harga diri, kehormatan, dan kemuliaan dalam proses interaksi bisnis
14. Melakukan bisnis berdasarkan Cinta (Passion).
15. Tidak MenZhalimi (Merugikan Orang lain)
16. Rajin Bersedekah

Cara memasarkan Produk

1. Memasarkan Produk yang Halal dan Suci
2. Tidak melakukan Sumpah Palsu,
3. Tidak merpura-pura menawar dengan harga tinggi, Agar orang lain tertarik
4. Melakukan timbangan dengan benar
5. Tidak menjelekkan bisnis Orang lain, Beliau bersabda ” Janganlah seseorang di antara kalian menjual dengan maksud untuk menjelekkan apa yang dijual oleh orang lain” (HR. Muttafaq ‘alaih)
6. Pintar beriklan/Promosi, Rasul hafal betul dimana ada Bazaar di suatu tempat tertentu. Sehingga makin banyak orang mengenal beliau dan barang dagangannya.
7. Transparansi (keterbukaan), Beliau bersabda “Tidak dibenarkan seorang Muslimin menjual satu-satu jualannya yang mempunyai aib, sebelum dia menjelaskan aibnya” (HR. Al-Quzuwaini)
8. Mengutamakan pelanggan (Customer Satisfaction)
9. Networking (Jejaring) di wilayah lain
10. Cakap dalam berkomunikasi dan bernegosiasi (tabligh)
11. Tidak mengambil Untung yang berlebihan
12. Mengutamakan penawar pertama
13. Menawar dengan harga yang di inginkan
14. Melakukan perniagaan sepagi mungkin, RasulAllah mendoakan orang-orang yang pagi-pagi dalam bekerja. “Ya Allah, berkahilah umatku dalam berpagi-paginya mereka” (HR.Shahr Al Ghamidi)
15. Menjaga Kepercayaan pelanggan
16. Mewujudkan Win-Win Solution
17. Barang Niaga harus bermutu, Murah, Bermanfaat, Mutakhir dan Berkualitas
18. Kemudahan dalam hal transaksi dan pelayanan
19. Menentukan Harga dengan jelas ketika akad (Deal)

Cara berhubungan dengan Karyawan

1. Berbagi perhatian kepada karyawan, Tidak memilih-milih karyawan Istimewa semua sama.
2. Bermitra Bisnis, Karyawan dan Majikan seperti hubungan kekeluargan yang kental. Bukan seperti Tuan dan Budak.
3. Memberi gaji yang Cukup kepada Karyawannya
4. Memberi gaji tepat Waktu kepada Karyawannya, Sebelum keringat karyawan kering
5. Tidak membebani Karyawan dengan tugas diluar kemampuannya
6. Karyawan di Wajibkan kerja sungguh-sungguh dengan seluruh kekuatannya
7. Sering memberikan Bonus-bonus tambahan di luar gaji pokok

Contoh di Atas adalah sebagian kecil dari sifat-sifat Suri tauladan Rasul Allah Muhammad SAW yang bisa kita Contoh dalam membangun Kerajaan Bisnis Kita, jauh lebih Sukses, berakhlak dan membantu terhadap sesamanya.

Wah Ane dah… capek nih nulisnya… tapi Semangat… Mudah-mudahan bermanfaat.

58 komentar:

  1. mantapp saya suka itu hi hi terima kasih ilmu da informasinya kang sofyan

    BalasHapus
    Balasan
    1. NUMPANG INFO :

      BISNIS ONLINE YANG AKAN MERUBAH HIDUP ANDA MENJADI LEBIH BAIK. BUKTIKAN Pernahkah Anda ikut bisnis online, tapi hasilnya nggak seberapa?. Yang kaya hanya admin pemilik web. Anda hanya mendapatkan mimpi yang tak khan pernah terwujud. Berbagai cara promosi Anda lakukan, malah uang Anda yang habis untuk biaya iklan. Atau Anda pengen dapat uang dengan mudah?Segera Gabung Kalo Ingin Sukses Mulai Hari Ini juga buka & klik disini aja kawan

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. Hadeeh...pak Rehan..kisah seperti iyu g usahlah d shere..Nabi Muhammad itu membebaskan kita dari Pembodohan, jangan sampai kita kembali kezaman itu..Sungguh Siksa Allah sangat pedih.

      Hapus
    4. Cara itu gak dicontohkan sama Rasul pk Rehan,,,, semoga kita semua senantiasa dalam perlindungan Allah swt.

      Hapus
    5. Cara itu gak dicontohkan sama Rasul pk Rehan,,,, semoga kita semua senantiasa dalam perlindungan Allah swt.

      Hapus
    6. Naudzubillahimindzalik...ya Allah lindungi kami semua dari perbuatan keji dan munkar dan selalu tetap dan terus mengingatMu ya Allah
      ...amiin

      Hapus
    7. Naudzubillahimindzalik...ya Allah lindungi kami semua dari perbuatan keji dan munkar dan selalu tetap dan terus mengingatMu ya Allah
      ...amiin

      Hapus
    8. Musyrik adalah dosa yang gak bakal di ampuni...nyebut booss

      Hapus
    9. Musyrik adalah dosa yang gak bakal di ampuni...nyebut booss

      Hapus
    10. pak Rehan, coba tanya deh sama jin ato apalah yg disugihi di dalam goa itu, tuhan nya siapa? pasti dia jawab allah

      itu cara bego cari duit..

      Hapus
    11. pak Rehan, coba tanya deh sama jin ato apalah yg disugihi di dalam goa itu, tuhan nya siapa? pasti dia jawab allah

      itu cara bego cari duit..

      Hapus
    12. pak Rehan, coba tanya deh sama jin ato apalah yg disugihi di dalam goa itu, tuhan nya siapa? pasti dia jawab allah

      itu cara bego cari duit..

      Hapus
    13. Kpd Rehan yg terhormat sungguh anda sangat terlalu dikala kita sedang membaca berdagang yg baik dgn meniru Nibi kita malah anda menyuruh orang meminta kpd setan. Kenapa kamu sendiri tdk jd kaya seperti tomi suharto . Bg saudara saudaraku maaf jangan sekali2 meniru cara itu kenyataanx para pengajarx sendiri mobil ferari sj tdk punya apa lg mbl avanza eh....kebalik deh nah berdaganglah dgn cara yg baik contohlah ROSUL kita Muhammad cr berdagangx . Trim

      Hapus
    14. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


      Hapus
    15. Di dalam diri manusia terdapat dua unsur ingat dunia dan tuhan, ketika kita hanya mengejar dunia sungguh kehancuran lah yg akan kita dapat, bekerjalah sesuai anjuran rasulullah, dan sesungguhnya iblis dan setan adalah musuh yang nyata. Carilah bekal hidup tapi jangan lupa bekal mati. Salam terate 1922.

      Hapus
  2. •̸Ϟ•̸ нɑτυя ƞυнυƞ •̸Ϟ•̸-̶̶•-̶ atas tulisannya,,

    BalasHapus
  3. Informasi yang berharga bagi calon & pengusaha...... kalau boleh saya bertanya hukum menjual pakan ternak untuk untuk babi. Bagaimana hukumnya.???. Tks

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah sangat berguna. Insya Allah saya akan di amalkan.

    BalasHapus
  5. Subhanallah artikel yang keren, saya bookmark, terima kasih sudah berbagi http://goo.gl/RQ0f6f

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah nemu artikel yg keren. Insy manfaat. Syukron

    BalasHapus
  7. nambahh semangat untuk berbisnis (y)

    BalasHapus
  8. Saya belum melakukan semua, ya Allah jadikan aku seperti sifatnya

    BalasHapus
  9. menjadi optimis memulai bisnis, thanks buat sharing ilmunya ...

    BalasHapus
  10. kereeen, ditngg tulisan berikutnya ya bro....thx

    BalasHapus
  11. Bagus sekali..boleh ana share k grup ana ngga..

    BalasHapus
  12. Subhanallah ,bagus artikelnya .....izin share yaa

    BalasHapus
  13. Smg sy bisa mjalan kan bisnis ala rusulullah..mohon doa restun nya sdr2 ku..smg dlam brdagang sy bisa sprti rosulllah.

    BalasHapus
  14. alhamdulillah makin terbuka wawasan dan pikiran saya, untuk segera mengikuti jejak rasul :), walaupun blm berkesempatan tetap berusaha mengamalkan apa yg sudah saya baca. thnk buat posting-nya

    BalasHapus
  15. Matur suwun....sangat bermanfaat informasinya....

    BalasHapus
  16. Hatur nuhun ilmunya kang. Alhamdulillah mudah2 an bs dipraktekkan. Sy bisnis toga dan boneka wisuda.

    BalasHapus
  17. Subhanallah infonya luar biasa bagus sekali.

    Sy br mau mulai untuk jd entrepreneur.

    BalasHapus
  18. Subhanallah infonya luar biasa bagus sekali.

    Sy br mau mulai untuk jd entrepreneur.

    BalasHapus
  19. Waahh,,, bermanfaat sekali ilmunya,,, mudah2an sya bisa menerapkan cara berbisnis ala rasulullah,,, terus belajar n tetap semangat,, izin ana simpan tulisannya ya mas,, :) syukran,,

    BalasHapus
  20. Keren... Semoga bisa jadi pebisnis ala Rasulullah...

    BalasHapus
  21. Tips ala Rasulullah yang bagus. Semoga bisa sukses seperti Rasulullah dengan bisnis online ku.


    www.hokyshops.blogspot.com

    BalasHapus
  22. Alhamdulillah dapat ilmu yg bermanfaat, makasih kang sofyan

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah dapat ilmu yg bermanfaat, makasih kang sofyan

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah dapat ilmu yg bermanfaat, makasih kang sofyan

    BalasHapus
  25. NUMPANG INFO :

    BISNIS ONLINE YANG AKAN MERUBAH HIDUP ANDA MENJADI LEBIH BAIK. BUKTIKAN Pernahkah Anda ikut bisnis online, tapi hasilnya nggak seberapa?. Yang kaya hanya admin pemilik web. Anda hanya mendapatkan mimpi yang tak khan pernah terwujud. Berbagai cara promosi Anda lakukan, malah uang Anda yang habis untuk biaya iklan. Atau Anda pengen dapat uang dengan mudah?Segera Gabung Kalo Ingin Sukses Mulai Hari Ini juga buka & klik disini aja kawan

    BalasHapus
  26. Waaaaah makin bikin semangat nih.
    terima kasih share nya a_Sofyan 😁

    BalasHapus
  27. butuh pencerahan. apabila toko online menampilkan gambar bukan asli atau asli tapi di edit biar lebih menarik. itu berarti tidak meniru cara bisnis rasulullah yg kriteria "menjual barang apa adanya" ? karena kalau di edit kita berarti menipu/ melebih2kan kualitas. bukan barang apa adanya.

    BalasHapus
  28. Pak nanang,dalam penjualan on-line,pasti ada COD(cash of dlivery)jdi kita akan tau barang itu baik atau buruk...dsna anda akan melihat atau anda test !

    BalasHapus
  29. Pak nanang,dalam penjualan on-line,pasti ada COD(cash of dlivery)jdi kita akan tau barang itu baik atau buruk...dsna anda akan melihat atau anda test !

    BalasHapus
  30. Ya allah ya rob...jadikan hambamu ini seperti dia dlm berdagang..

    BalasHapus
  31. bisnis atau usaha yang kita lakukan sekarang bukan hanya untuk mengayakan diri. tapi yang terlebih untuk mencari bekal kita mati nanti, kalau kita punya usaha di teruskan anak cucu cicit, kan amal kita kian jaya sampai kiamat .... betul kah.

    BalasHapus
  32. Saya coba juga.
    Kalau ada waktu mampir Cara Bisnis Online Gratis

    TEEIMAKASIH

    BalasHapus
  33. Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
    The blog is genuinely impressive in all aspects.
    Good job, I like this blog.
    poker online

    BalasHapus
  34. Jika kalian ingin berkah dan harta melimpah ikuti cara rosululloh S.A.W . Bukan cara SETAN yang busuk dan di murkai Alloh Laknatulloh orang yang mau pesugihan dan menduakan Alloh.

    BalasHapus
  35. sudah waktunya umat Islam Indonesia mengaplikasikan konsep bisnis syariah, sehingga umat Islam Indonesia menjadi umat yang kuat ekonominya jangan hanya menjadi umat yang membuat orang lain menjadi konglomerat semantara kita sendiri tetap hidup melarat

    BalasHapus
  36. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  37. Assalamualaikum, Izin copas dan share konten-kontennya mas Sofyan, InsyaAllah bermanfaat sekali

    BalasHapus